Petunjuk lengkap cara membuat kue tambang renyah krispi

Petunjuk lengkap cara membuat kue tambang renyah krispi-

Kue tambang atau kue untir untir rasanya manis, enak, dan renyah. Yuk ikuti petunjuk lengkap bagaimana cara membuat kue tambang dengan adonan pas sehingga menghasilkan cita rasa kue tambang ini enak serta renyah. Kue tambang merupakan salah satu kue tradisional yang cukup digemari oleh anak anak hingga orang tua. Resep kue tradisional ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun seakan tertutup oleh berbagai macam kue modern saat ini seperti kue bolu atau berbagai kue basah yang saat ini sering di buat oleh oleh yaitu kue lapis surabaya.

Kue tambang banyak di jual di toko toko kue dan saat ini harganya cukup murah. Harga kue tambang biasanya di jual perbungkus atau perkilo. Harga 1 kg kue tambang saat ini yakni berkisar antara 28 ribuan, bahkan anda bisa membeli 250 gram yakni 7 ribuan. Kue tambang cukup enak dan renyah dan bisa menemani anda saat nonton acara televisi atau saat ngobrol dengan teman teman.

Pembuatan kue tambang atau kue untir untir bisa dibilang cukup mudah, bahkan tidak memerlukan pengalaman bunda dalam pembuatan kue. Asal bunda bisa mencampur adonan kue tambang dengan benar maka tentunya bisa menghasilkan rasa kue tambang renyah dan enak. Yang penting pemakaian gula untuk pemanis disesuaikan dengan selera saja.

Resep kue tambang hanya membutuhkan bahan bahan yang mudah didapat dan murah, seperti tepung terigu, gula pasir, dan telur ayam serta bahan lainnya. Yuk belajar membuat kue untir untir atau kue tambang secara lengkap. Perlu diketahui bahwa pembuatan kue tambang tidak memerlukan peralatan yang aneh aneh, bahkan bisa dibilang tanpa peralatan mahal sama sekali. Jadi hanya membutuhkan wadah untuk membuat adonan saja sudah cukup.

Untuk membuat daya tarik kue tambang biasanya ada sedikit tambahan warna coklat dengan pasta coklat, sehingga menjadi kue tambang warna warni kombinasi. Atau bisa juga bunda menambahkan warna pasta yang lain sehingga lebih terlihat mewah dan menarik. Hal demikian lebih pada selera anda saja. Kue tambang ini juga termasuk dalam kategori resep kue kering dan termasuk juga kue rumahan yang cukup terkenal.

Nah bagi bunda, tante cantik maupun para remaja putri sekalian yang ingin belajar cara membuat kue tambang atau cara membuat kue untir untir silahkan mempelajarinya di sini bersama resep masakan indonesia dan akan admin tunjukkan tahap demi tahap dari awal hingga akhir cara pembuatan kue tambang ini, sehingga akan memudahkan anda untuk menjalankannya.

kue tambang

Bahan untuk membuat kue tambang

  • Tepung terigu : ± 250 gram
  • Margarine : ± 50 gram
  • Gula pasir halus : ± 100 gram atau secukupnya
  • Baking powder : ¼ sendok teh
  • Telur ayam : 1½ butir
  • Soda kue : ± ¼ sendok teh
  • Garam halus : ¼ sendok teh atau secukupnya
  • Minyak goreng : 1 sachet ukuran 2 liter

Setelah semua bahan bahan untuk membuat kue tambang telah terpenuhi, yuk siapkan peralatannya seperti wadah untuk adonan, saringan halus dan lainnya yang diperlukan.

Cara membuat adonan kue untir untir / kue tambang

  1. Langkah pertama ambil wadah dengan ukuran cukup dan masukkan tepung terigu, soda kue, dan baking powder. Supaya lebih sempurna dan mudah mencampurnya sebaiknya di ayak ke wadah lainnya untuk menghindari gumpalan gumpalan yang mungkin ada dalam tepung.
  2. Kemudian tambahkan gula pasir halus, margarine, telur ayam, serta garam secukupnya.
  3. Aduk aduk hingga merata dan membentuk adonan yang kalis. Admin sarankan sebaiknya di uleni dengan jari tangan sambil di remas remas. Jika masih terlalu keras maka bisa tambahkan lagi telur secukupnya saja, jadi tidak perlu dengan satu butir.
  4. Perlu diketahui bahwa adonan kue tambang harus pas, artinya tidak terlalu lembek dan tidak pula terlalu keras, yang jelas cukup mudah saat dibuat gulungan.
  5. Setelah dirasa cukup, maka diamkan selama kurang lebih 20 menit dengan ditutup lap bersih ( hingga adonan mengembang )
  6. Langkah selanjutnya ambil sedikit adonan dan gilas dengan botol sehingga terbentuk tambang, lalu satukan bagian ujungnya sambil sedikit diputar, lantas gencet / jepit ujungnya.
  7. Siapakan wajan / penggorengan dengan minyak cukup banyak dan goreng hingga matang. Sesekali bolak balik supaya tidak gosong.
  8. Angkat dan tiriskan.

Seperti admin sebutkan di atas untuk membuat kue tambang ini lebih menarik, biasanya dengan kombinasi warna warni, yang paling umum yakni dengan kombinasi warna coklat. Jika anda ingin kue tambang warna warni maka bagi dua adonan dan salah satu adonan tambahkan coklat pasta secukupnya. Baca juga cara membuat kue klepon warna warni