Kue kuping gajah dan petunjuk cara membuat kue kuping gajah

Kue kuping gajah dan petunjuk cara membuat kue kuping gajah-

Kue kuping gajah enak, gurih, dan renyah. Inilah petunjuk lengkap cara membuat kue kuping gajah yang dilengkapi dengan tahapan tahapan secara berurutan, sehingga bunda dan remaja putri sekalian dapat dengan mudah mengikutinya. Kue kuping gajah termasuk dalam resep kue kering tradisional yang telah dikembangkan oleh para leluhur kita sejak puluhan tahun yang lalu seperti halnya kue cucur, dan hingga kini masih eksis dan banyak di cari. Buntik sekalian tidak harus membeli karena cara bikin kue kuping gajah cukup mudah, kue kuping gajah ini juga termasuk dalam kategori kue lebaran, seperti halnya kue semprong, silahkan buntik pelajari cara pembuatannya di sini.

Cara membuat kue kuping gajah cukup mudah dan hanya menggunakan peralatan sederhana. Sehingga modal untuk belajar membuat kue kering tradisional ini tidak begitu besar, paling paling hanya membeli bahan bahannya saja, karena peralatannya sudah bunda miliki. Dari pada peralatan kue bunda di diamkan, kan lebh baik untuk mencoba belajar kue garis lingkar yang renyah ini.

Kue kuping gajah memiliki tampilan unik dan cukup menantang, bahkan banyak yang bingung bagaimana cara membuatnya, padahal setelah anda tahu proses pembuatannya sungguh sangat sederhana dan mudah dilaksanakan. resep masakan indonesia mengajak bunda, bro, sis, dan remaja putri semua untuk belajar membuat kue kuping gajah yang spesial dengan lingkaran warna warni. Tentunya dengan kreasi baru akan menambah keunikan kue kering yang satu ini.

Saat anda berencana untuk belajar membuat kue kering kuping gajah, tidak memerlukan persiapan yang macam macam, hanya dengan membeli bahan bahannya saja, maka anda sudah bisa mulai membuatnya. Apa saja sih bahan bahan yang diperlukan untuk pembuatan kue kuping gajah. Bahannya dapat dibilang sangat sederhana dan harganya juga murah, seperti : tepung terigu, gula pasir, vanilli, cokelat, santan kental, dan tentu saja minyak goreng. Benarkan bunda sekalian bahan bahannya cukup mudah ditemukan dan harganya tidak ada yang mahal, sehingga tidak mengganggu stabilitas ekonomi keluarga, he he he

Nah bagi buntik sekalian yang kebetulan sedang libur dan belum ada kegiatan padat di rumah. Untuk mengisi kekosongan waktu liburan, ada baiknya belajar membuat kue kering yang satu ini, hitung hitung menambah pengalaman dalam hal membuat kue tradisional. jangan takut gagal ya, Pembuatan kue kuping gajah tidak harus dikerjakan oleh mereka yang sudah berpengalaman. itulah kelebihan dari kue kue tradisional indonesia. Cukup banyak kue kue Sudah siap, yup kita langsung mulai!

kue kuping gajah

Bahan bahan yang diperlukan

  • Sediakan tepung terigu sekitar 300 gram, ada baiknya di ayak sebelum digunakan.
  • Sediakan juga gula bubuk kira kira 75 gram.
  • Margarin merk apa saja sekitar 2 sendok makan.
  • Jangan lupa sediakan juga 1 butir telur ayam.
  • Untuk aroma bisa menggunakan vanili bubuk, gunakan sekitar ¼ sendok teh saja.
  • Sediakan juga cokelat bubuk untuk hiasan lingkarannya, di butuhkan sekitar 1½ sendok makan.
  • Nah biar renyah dan mantap, gunakan santan kental asli sebanyak 75 ml.
  • Untuk penyempurna rasa tambahkan ½ sendok teh garam halus.
  • Tentu saja minyak goreng secukupnya.

Setelah bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue kuping gajah telah lengkap dan juga peralatan seperti : gilingan adonan ( botol ), tatakan yang rata, pisau, dan lainnya. Yuk mulai mencoba membuatnya :

  1. Ambil wadah secukupnya, kemudian campur ( tepung terigu, gula pasir halus, margarin, vanili, dan garam ) dan aduk aduk hingga merata, bisa juga di remas remas dengan tangan.
  2. Tambahkan telur yang sebelumnya kocok dahulu supaya kuning dan putihnya bercampur. Kemudian adonan uleni terus.
  3. Sekarang tambahkan santan kental sedikit demi sedikit ( jangan langsung tuang semua ya ), terus aduk aduk hingga didapatkan adonan yang kenyal, pulen, dan kalis.
  4. Ambil ¼ ( seperempat ) bagian dan tambahkan cokelat bubuk, aduk aduk hingga bercampur rata dengan warna coklat.
  5. Selanjutnya pipihkan dengan botol kedua adonan ( putih dan coklat ) secara terpisah.
  6. Sekarang tumpuk kedua adonan, sehingga adonan putih di bawah adonan coklat, tepuk tepuk secara perlahan secara merata.
  7. Gulung adonan kuping gajah putih coklat tadi secara padat, sehingga didapatkan satu gulungan padat sempurna. Diamkan selama kurang lebih 2 jam di lemari es.
  8. Setelah di simpan dalam lemari es sekitar 2 jam, sekarang keluarkan dan potong tipis tipis dengan pisau tajam.
  9. Goreng dengan minyak panas dan simpan dalam toples.

Nah bagaimana bunda, mudahkan cara membuat kue kuping gajah dua warna. Untuk kreasi bunda bisa saja menggunakan warna yang lain, sehingga lebih kreatif. Pelajari juga cara membuat kue kering yang lain, seperti resep kue kacang yang banyak di cari saat musim lebaran.