Petunjuk lengkap cara membuat kue semprong tepung beras renyah

Petunjuk lengkap cara membuat kue semprong tepung beras renyah-

Resep kue semprong merupakan salah satu resep kue tradisional, berikut petunjuk secara lengkap cara membuat kue semprong dengan bahan utama tepung beras seperti halnya resep kue pancong khas betawi. Dengan menggunakan cetakan kue semprong maka anda sudah mampu membuatnya karena memang gampang. Jajanan kue semprong renyah dan enak. Salah satu keunikan ke yang satu ini yakni empuk, manis dan renyah. Namun demikian masih cukup banyak bunda bunda muda maupun para remaja putri yang belum begitu paham cara membuat kue semprong yang enak dan renyah ini. Yuk mulai belajar membuat kue semprong yang sebenarnya mudah dan murah ini.

Kue semprong merupakan salah satu kue yang disajikan saat lebaran yang banyak di sukai oleh anak anak dan orang tua. Tampilannya yang bulat gepeng dan saat di gigit akan pecah disertai rasa manis dengan aroma vanili yang enak. Kue semprong termasuk jajanan tradisional seperti halnya kue nagasari yang banyak di serbu pembeli, karena harganya murah dan enak rasanya. Pelajari juga resep kue nagasari isi pisang yang manis dan enak.

Untuk dapat membuat kue semprong yang renyah dan harum, tentunya membutuhkan bahan bahan utama yang berkualitas. bahan bahan utama kue semprong yakni tepung beras dan santan kelapa, dengan beberapa tambahan bahan pelengkap lainnya, seperti : telur ayam, gula pasir, vanili, dan lainnya. hanya ada satu hal yang harus anda sediakan yakni cetakan kue semprong yang dapat anda beli di toko peralatan kue atau di pasar tradisional juga ada. Dengan seringnya belajar membuat kue kue tradisional, tentunya peralatan kue bunda akan semakin lengkap, sehingga saat membuat resep kue tradisional lainnya sudah tidak perlu lagi membeli peralatannya.

Harga cetakan kue semprong sekitar 50 ribuan. Bentuk cetakan kue semprong ini terdiri dari dua buah papan yang bagian tengahnya ada hiasan. Bahan cetakan kue semprong yakni dari plat alumunium atau bisa juga dari bahan seng. Anda dapat memilih corak hiasannya sesuai dengan selera. Saya sarankan memilihnya yang bahan alumunium karena lebih awet.

Bagaimana cara membuat kue semprong yang enak dan renyah. Berikut petunjuk lengkap cara membuat kue semprong dari awal hingga selesai, dan setahap demi setahap, sehingga anda akan lebih mudah mengikutinya. Namun sebelumnya tentu harus mempersiapkan semua peralatan yang diperlukan seperti cetakan kue semprong, kompor, dan beberapa wadah untuk tempat adonan.

kue semprong renyah

Sedangkan bahan bahan yang diperlukan untuk bikin kue semprong, seperti : tepung beras, santan kelapa, gula pasir, telur ayam, vanili, kayu manis ( jika ada ), sedikit garam. Setelah peralatan dan bahan bahannya telah tersedia, yuk sekarang tahap demi tahap cara membuat kue semprong enak dan renyah.

Bahan bahan kue semprong

  • Sediakan tepung beras kualitas bagus sekitar 300 gram.
  • Gunakan 1 butir kelapa tua, kemudia parut dan buat santan kental sekitar 2½ gelas ( 500 ml ).
  • Sediakan gula pasir sekitar 200 gram atau sesuai selera bunda ya.
  • Ambil juga telur ayam 4 butir.
  • Jika ada bunda dapat menggunakan kayu manis, saya sarankan gunakan kayu manis bubuk aja supaya lebih simple. Kita hanya memerlukan sekitar ½ sendok teh kayu manis bubuk.
  • Jangan lupa vanili untuk menambah keharuman kue nantinya., psling tidak ¼ sendok teh.
  • Garam secukupnya, gunakan sangat sedikit garam paling tidak ¼ sendok teh.
  • Minyak goreng atau margarin untuk olesan secukupnya

Cara membuat kue semprong

  • Ambil wadah secukupnya dan ambil 4 butir telur ayam dan kocok hingga mengembang.
  • Masukkan gula pasir, kayu manis bubuk, santan kental, garam, dan vanili sesuai ukuran di atas.
  • Terus kocok hingga semua bahan bercampur sempurna terutama gula pasirnya.
  • Adonan kue semprong ini jangan terlalu kental dan jangan pula keenceran.
  • Sampai disini adonan kue semprong sudah siap di cetak.
  • Selanjutnya siapkan cetakan, kompor, minyak untuk olesan secukupnya.
  • Sekarang buka cetakan kue semprongnya dan taruh adonan secukupnya.
  • Lantas tutup dan letakkan diatas nyala kompor dengan api sedang sekitar 1 menit.
  • Buka cetakannya dan ambil terus gulung dalam keadaan panas.
  • Saat menggulungnya terserah bunda aja bisa dibuat gulungan bulat atau ditekuk tekuk menjadi segi empat.

Demikian bunda petunjuk lengkap cara membuat kue semprong yang renyah dan enak. Mungkin bunda dan sis sekalian ada sedikit pertanyaan, mengapa harus menggulung ( mencetak ) kue semprong dalam keadaan panas, sebab kalau sudah mulai dingin akan mengeras dan tentunya sulit untuk dicetak. Sukses dengan kue semprong, yuk mencoba yang lain, seperti resep kue bolu kukus wangi vanili.

Untuk membuat kreasi baru kue semprong ini maka bunda juga dapat menambahkan beberapa tetes pewarna makanan yang sesuai dengan selera anda. Sehingga tampilan kue semprong warna warni ini menjadi lebih menarik.