Petunjuk lengkap cara membuat cimol goreng dan saus

Petunjuk lengkap cara membuat cimol goreng dan saus-

Cimol goreng merupakan jajanan tradisional dari tanah pasundan. Berikut petunjuk resep cara membuat cimol goreng lengkap dengan cara membuat saus cimol, sehingga meskipun anda bukan orang sunda bisa ikut merasakan nikmatnya makanan ringan pedas ini. Cimol goreng sering ditemukan di pedagang kaki lima yang biasanya berjualan di halaman sekolah. Disana biasanya juga ada kue putu ayu dan yang lainnya. Bahkan kadang juga sering ditemui di pinggir pinggir jalan pada sore hari. Soal harganya hmm murah banget.

Bahan utama cimol goreng adalah tepung kanji. Menurut sejarahnya cimol goreng merupakan singkatan dari CI ( aci = tepung kanji ) dam mol ( gomol = digulung gulung ). Maksudnya tentu adonan dari tepung kanji di gulung gulung menjadi bulatan dan di goreng. Jajajan murah ini mempunyai rasa dan tampilan berbeda dari yang lain, saat digigit kenyal kenyal, itulah keunikannya. Sama enaknya dengan kue tradisional lainnya dari betawi yakni kue cucur gula merah yang manis merekah.

Cara membuat cimol goreng bisa dikatakan sangat mudah, bahkan tanpa belajar anda langsung bisa membuatnya sendiri, namun tanpa pengetahuan sama sekali, kemungkinan akan gagal dalam cara membuat adonan cimol goreng ini. Apalagi saat anda menggorengnya, wow bisa terjadi ledakan ledakan kecil dan bisa saja minyak panas menyembur ke kulit wajah. Untuk mencegah hal hal yang tidak diinginkan tersebut, tentunya bisa browsing di internet untuk mencari resep cimol goreng yang dilengkapi dengan petunjuk lengkap cara membuat cimol goreng.

Resep cimol goreng termasuk dalam kategori resep kue basah seperti halnya kue serabi. Adapaun bahan bahan yang digunakan untuk pembuatan cimol goreng ini, cukup sederhana dan murah dan sangat mudah membelinya, seperti : tepung kanji atau sering disebut juga sebagai tepung tapioka atau tepung singkong, kemudian tepung beras, soda kue, garam, dan tentunya juga minyak goreng. Bisa juga ditambahkan dengan merica bubuk untuk memberi cita rasa pedas. Namun jika untuk di konsumsi sendiri dan kebetulan anda sedang mempunyai balita, maka ada baiknya tanpa menggunakan merica bubuk, atau dibuat adonan tersendiri untuk anak anak.

Ada satu hal yang perlu untuk digaris bawahi yaitu saat anda mulai menggoreng cimol. Untuk menjaga hal hal yang tidak diinginkan, sebaiknya penggorengan di beri penutup, sebab saat cimol di goreng biasanya terjadi letupan letupan kecil minyak goreng panas yang menyembur. Sayangkan kulit wajah atau tangan melepuh kena semburan minyak panas. Hal yang berbeda saat anda membuat kue onde onde ketawa yang banyak penggemarnya.

Nah sebelum mulai mencoba membuat cimol goreng sendiri, yuk kita siapkan bahan bahan yang diperlukan, baik untuk bahan cimol goreng maupun bahan untuk sausnya. Tanpa menggunakan saos, wah rasa cimol goreng kurang mantap dan kurang asik. Soal saosnya lebih enak dengan membuatnya sendiri. Bisa juga sih dengan bubuk cabe instan yang sekarang sedang marak di jual.

Resep cara membuat cimol goreng

cimol goreng

Bahan bahan

  • Tepung kanji / singkong : ± 200 gram
  • Tepung beras : ± 50 gram
  • Merica bubuk : ± setengah sendok teh ( sesuai selera )
  • Soda kue : ± setengah sendok teh
  • Garam : ± 1 sendok teh ( selera )
  • Air bersih : ± 200 gram
  • Minyak goreng : secukupnya

cara membuatnya

  1. Yang pertama didihkan air sekitar 1 gelas atau secukupnya.
  2. Ambil wadah dan campurkan ( tepung kanji, tepung beras, merica bubuk ( opsional ), dan garam ).
  3. Tambahkan air panas sedikit demi sedikit sambil di uleni. Hentikan penambahan air panas setelah menjadi adonan yang kenyal.
  4. Tambahkan juga soda kue secara merata dan aduk aduk ( oleni ) hingga menjadi bercampur secara sempurna.
  5. Buat bulatan bulatan kecil sesuai selera anda.
  6. Goreng dengan minyak panas secukupnya.

Resep cara membuat saus cimol goreng

Bahan bahan

  • Bawang putih : ± 4 siung
  • Air asam jawa : ± 2 sendok makan
  • Gula merah : ± 50 gram ( iris tipis tipis )
  • Gula pasir : ± 2 sendok makan
  • Cabe rawit merah : 5 buah ( selera )
  • Garam : 1 sendok teh
  • Air : ± 250 gram ( secukupnya )

Cara membuatnya

  1. Haluskan semua bahan saos dengan di uleg.
  2. Tambahkan air dan aduk aduk hingga menjadi buburan saus.
  3. Rebus dengan wajan ( penggorengan ) hingga mendidih.
  4. Tempatkan dalam wadah kecil yang telah di siapkan.

Demikian bunda dan sis maupun remaja putri sekalian petunjuk lengkap cara membuat cimol goreng yang dilengkapi dengan cara membuat saus cimol. Ciri khas jajanan tradisional adalah murah bahan bahannya dan mudah cara membuatnya. itulah salah satu keunikan jajanan nusantara. Pelajari juga resep kue kacang sebagai sajian spesial saat lebaran.