Petunjuk lengkap cara membuat kue putri salju tabur gula

Petunjuk lengkap cara membuat kue putri salju tabur gula-

Kue putri salju atau sering juga disebut sebagai kue bulan sabit merupakan salah satu aneka kue kering yang sering menghiasi meja ruang tamu seperti halnya kue kuping gajah. Tampilannya mudah ditebak yakni seperti bulan sabit dengan taburan gula halus. Cara membuat kue putri salju ini cukup mudah, sehingga dari pada membeli atau memesan kue putri salju, tentunya akan lebih baik jika bunda membuatnya sendiri. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab sebagian kue putri salju yang anda beli cita rasanya kurang enak karena bahan yang digunakan kurang berkualitas.

Itulah sebabnya kenapa kue putri salju yang ada di pasaran harganya sangat murah, sebab bahan utama yang digunakan memang kurang bagus atau bisa jadi bahannya tidak sesuai dengan resep kue putri salju asli yang menggunakan bahan utama tepung terigu dan tepung jagung atau tepung maizena, namun yang sering kita jumpai justru bahannya tepungnya kurang bagus sehingga rasanya juga kurang enak.

Nah dengan demikian alangkah baiknya jika bunda maupun para remaja putri yang suka tantangan khususnya dalam pembuatan kue tradisional maupun kue modern tertantang untuk membuat kue putri salju sendiri. Asal tahu saja bahwa pembuatan kue putri salju tidak sulit bahkan terbilang cukup mudah. Dan peralatannya juga cukup standar. Bahkan cara membuat adonan kue putri salju juga bisa dengan cara manual atau tanpa mixer.

Saat ini cukup banyak macam dan ragamnya kue putri salju, namun demikian aneka jenis kue putri salju tersebut hanya berbeda pada bahan pelengkapnya saja, sedang cara membuat kue putri salju juga sama. Aneka kue putri salju saat ini, seperti : kue putri salju hijau pandan, kue putri salju keju, kue putri salju coklat, kue putri salju warna warni, kue putri salju kacang mede, dan kue putri salju kreasi bunda sendiri tentunya.

Lantas berapa harga kue putri salju yang di jual di pasaran. Tentunya harga kue putri salju sangat bervariasi dan tergantung dari kemasannya. Harga kue bulan sabit ini juga tergantung dari bahan utama yang digunakan. Namun harga kue putri salju standar yang terbuat dari bahan tepung terigu biasanya di jual per kg seharga 80 ribuan atau per toples 20 ribuan. Pelajari juga resep kue kacang spesial lebaran.

kue putri salju

Untuk mendapatkan hasil yang bagus, tentunya selain memperhatikan kualitas bahan bahannya juga menggunakan cekatan khusus untuk putri salju. Saat ini harga cetakan kue putri salju di online shop cukup murah yakni sekitar Rp 8500,- dan banyak di jual di online shop atau di toko toko peralatan kue. Biasanya terbuat dari bahan plastik atau stainless steel.

Resep kue putri salju

Nah bagi anda yang ingin belajar dan mencoba resep kue putri salju, yuk mulai mempersiapkan bahan bahan yang dibutuhkan, seperti tepung terigu, tepung jagung, mentega, dan bahan bahan lain yang diperlukan. Dan jangan lupa juga untuk mempersiapkan semua peralatan yang nantinya di perlukan seperti loyang maupun cetakan kue putri salju. Namun demikian jika dalam tahap pembelajaran ada baiknya cukup sedikit dahulu ya bunda.

Bahan bahan yang diperlukan

  • Tepung terigu : ± 400 gram.
  • Mentega : ± 250 gram.
  • Kuning telur : dari 1 buah telur ayam ukuran besar dan singkirkan putih telurnya.
  • Gula halus : ± sekitar 2 hingga 3 sendok makan * sesuai selera.
  • Garam halus : ± secukupnya ( se ujung sendok teh saja ).
  • Gula halus : secukupnya untuk taburan atau menutup kue putri salju.

Cara membuat kue putri salju

  1. Langkah pertama ambil tempat atau wadah stainless steel ukuran sedang ( cukup untuk mengaduk adonan ). Kemudian masukkan 250 gram mentega dan kocok dengan mixer putaran sedang, paling tidak 2 hingga 3 menit.
  2. Selanjutnya tambahkan kuning telur, lantas kocok dengan mixer hingga merata, tidak perlu lama lama ya.
  3. Kemudian masukkan garam halus ke dalam tepung terigu dan aduk aduk sebentar hingga merata.
  4. Lantas masukkan ke dalam adonan dan jangan lupa sambil di saring dengan saringan halus, hal ini supaya tidak ada gumpalan tepung yang masuk ke dalam adonan.
  5. Selanjutnya aduk aduk dengan sendok kayu hingga benar benar menjadi adonan yang merata dan kalis.
  6. Nah setelah adonan terlihat merata, kemudian bungkus dengan plastik tipis dan masukkan dalam lemari es sekitar 25 menit sudah cukup.
  7. Nah setelah cukup, lalu ambil adonan dan ambil sebagian lalu pipihkan dengan ketebalan merata. Lantas cetak dah.
  8. Nah biar nggak lengket ada baiknya olesi dahulu loyang dengan mentega secara tipis saja.
  9. Sementara anda mencetak ada baiknya sambil memanaskan oven, paling tidak memerlukan panas sekitar 170ºc.
  10. Setelah loyang terisi penuh, yuk masukkan dalam oven yang tadi telah dipanaskan. Paling tidak memerlukan pematangan hingga sekitar 25  menit pada suhu 170ºc.
  11. Setelah matang angkat dan tunggu hingga sekitar 5 menit, selanjutnya balur dengan gula halus yang telah dipersiapkan.
  12. Taruh dalam toples dan sajikan.

Dekianlah bunda dan sis cantik sekalian petunuk lengkap tentaang bagaimana cara membuat kue putri salju bulan sabit. Anda suka tantangan yuk lihat berbagai macam resep masakan dan kue di resep masakan indonesia.