Cara membuat roti tawar lengkap

Cara membuat roti tawar lengkap-

Bagaimana cara membuat roti tawar yang lembut dan enak. Ikuti petunjuk lengkap cara mudah membuat roti tawar dengan menggunakan oven. Sebenarnya cara membuat roti cukup mudah, hanya saja karena kurang informasi yang lengkap tentang cara membuat roti, sehingga masih cukup banyak yang belum paham.

Nah pada kali ini admin resep masakan indonesia akan berbagi resep roti tawar yang enak, gurih, dan lembut. Perlu diketahui bahwa membuat roti tawar tidak ada bedanya dengan membuat kue. kalau ada perbedaan, tentunya hanya pada adonan dan tata caranya saja. namun ya itu tadi karena kurang info, sehingga banyak yang belum pernah mencoba membuat roti tawar sendiri.

Roti tawar yang bagus dan sehat tentunya tanpa bahan pengawet apapun, sehingga pada umumnya roti tawar tidak dapat bertahan lama, itulah sebabnya sebaiknya anda mengetahui dengan jelas kapan pembuatan roti tawar yang anda beli, dengan kata lain, roti tawar yang anda makan harus masih baru. Biasanya rasa roti tawar akan berubah menjadi tengik ( tidak enak ) setelah melewati tiga hari dari pembuatannya.

Roti tawar banyak di jual oleh para pedagang roti keliling atau banyak juga di supermarket, jangan lupa untuk menanyakan baru tidaknya roti yang akan anda beli, kalau anda membeli roti tawar di toko atau swalayan biasanya sudah tertera tanggal kadaluarsa. Perlu diketahui bahwa hampir semua jenis roti ( kecuali roti kering ) memiliki waktu makan sehat hanya singkat, paling bagus tidak sampai melewati tiga hari dari masa pembuatan roti tersebut.

Dari pada sangsi saat membeli roti tawar, padahal jenis makanan paling praktis untuk sarapan pagi adalah roti tawar, maka tentunya lebih sehat dan lebih enak makan roti tawar buatan sendiri. Meskipun anda belum paham tata cara membuat roti, dengan mengikuti petunjuk singkat cara membuat roti tawar yang admin tulis resepnya secara jelas dan lengkap dari awal hingga menjadi roti tawar yang enak, gurih, dan lembut.

Resep roti tawar sebenarnya merupakan rahasia para pembuat roti rumahan atau pabrik roti, itulah sebabnya banyak yang belum paham seluk beluk dalam pembuatan roti tawar. Roti tawar sendiri mempunyai cita rasa yang khas yakni sedikit asin dan gurih.

Pada umumnya roti tawar yang sering anda temui ada 2 jenis, yakni white bread dan toast bread. Roti jenis white bread yakni roti tawar yang masih berukuran besar, sedangkan toast bread adalah roti tawar yang sudah di potong potong. Sebenarnya cukup banyak jenis roti tawar dan jarang kita temui di pedagang roti keliling. Kalau di toko roti besar kemungkinan menjual aneka jenis roti tawar, seperti : french bread ( roti perancis ), pain au levain ( roti perancis ), frankenbrot ( roti jerman ), health whole wheat ( roti tawar bahan gandum ), white bread dan toast bread.

roti tawar

Nah bagi yang ingin mencoba membuat roti tawar sendiri, silahkan mengikuti petunjuk resep roti tawar yang admin tulis lengkap dengan bahan dan cara membuat roti tawar secara lengkap dan jelas, sehingga anda akan lebih mudah mengikutinya.

Sekarang silahkan berbelanja untuk membeli bahan bahan untuk membuat roti tawar, seperti : tepung terigu dengan kode protein tinggi, ragi instan, susu bubuk full cream, Bread Improver, dan mentega. Sebaiknya bunda atau mas mas beli secukupnya saja.

Bahan bahan roti tawar

  • Tepung terigu ± 500 gram ( ½ kg ). Sebelum digunakan sebaiknya di saring dahulu.
  • Susu bubuk full cream ± 650 gram.
  • Mentega ± 38 gram, sebaiknya pilih mentega putih.
  • Baker Bonus ± 1 gram, anda bisa juga menggantinya dengan Bread Improver.
  • Ragi instan ± 1 gram.
  • Garam ± 10 gram.
  • Air es ± 300 gram.

Untuk menghasilkan roti tawar yang enak dan lembut tentunya komposisi campuran bahan bahannya mesti pas. Untuk tahap pembelajaran ada baiknya bikin roti tawar sedikit dahulu, kalau nanti sudah terbiasa bisa di tambah, bahkan bisa pula untuk usaha jualan roti bikinan sendiri. Untuk tempat adonan sebaiknya dari stainless atau alumunium.

Cara membuat roti tawar

  1. Ambil wadah stainless / alumunium ukuran sedang dan masukkan semua bahan bahannya kecuali air es. Aduk aduk hingga bercampur, biar lebih cepat bisa gunakan jari tangan ( sebelumnya di cuci dahulu ).
  2. Buat lobang di tengah dan kucurkan air es sedikit demi sedikit sambil terus di aduk aduk. Pencampuran bahan bahan roti tawar ini harus benar benar sempurna. Hasil adonan yang bagus adalah kalis dan tidak lengket ( kebanyakan air es ).
  3. Sekarang remas remas dan pencet pencet, setelah anda yakin adonannya sudah benar benar bagus, coba ditarik tarik, adonan yang benar adalah elastis, di tarik tidak gampang putus, serta tidak lengket.
  4. Selanjutnya simpan adonan dalam wadah dan tutup rapat rapat dengan kain, diamkan selama ± 30 menit.
  5. Selanjutnya ambil lagi adonannya ( sekarang mengembang dengan sempurna dan maksimal ), selanjutnya pencet pencet supaya kempes kembali. Nah bingungkan, sudah mengembang kok dikempeskan lagi, tujuannya supaya mudah dimasukkan dalam loyang.
  6. Ambil loyang dan olesi dengan mentega secara merata, lantas masukkan adonan yang telah kempes tadi ke dalam loyang paling tidak ¾ dari isi loyang.
  7. Tunggu hingga adonan mengembang lagi hingga semua bagian dalam loyang penuh, lantas tutup, namun sebelumnya olesi dahulu dengan mentega.
  8. Lantas masukkan dalam oven dengan suhu sekitar 190°c selama ± 25 menit hingga 30 menit.
  9. Angkat, dinginkan, dan potong sesuai selera.

Demikianlah petunjuk lengkap cara membuat roti tawar yang lembut dan enak yang termasuk dalam resep kue basah. Saat penyajiannya bisa di olesi dengan selai nanas atau bisa juga dengan susu coklat kental manis. Lihat juga resep dan cara membuat kue lapis legit.