Resep cara membuat kue apem jawa kukus mekar warna warni

kue apem jawa kukus mekar warna warni

Resep cara membuat kue apem jawa kukus mekar warna warni - Kue apem jawa kukus mekar manis dan enak. Resep kue apem mudah dan sederhana. Yuk belajar cara membuat kue apem kukus mekar dengan tampilan warna warni. Dengan bahan utama tepung beras, santan kelapa, gula pasir serta beberapa bahan lainnya. Resep cara membuat kue apem warna warni ini admin tulis secara lengkap dan dengan beberapa petunjuk cara membuat kue apem warna hijau, putih, pink, maupun warna lainnya. Soal tampilan warna kue apem mekar sari ini bisa disesuaikan dengan selera masing masing.

Tampilan kue

Tampilan kue apem ada beberapa jenis, ada kue apem kukus mekar yang merupakan kue rumahan dan akan admin bahas sekarang ini, namun ada juga kue apem yang mempunyai tampilan bulat tipis laksana piring terbang. Kue apem yang satu ini biasanya muncul pada awal bulan puasa dan pada saat lebaran. Hingga saat ini kue apem bulat tipis ini masih berlangsung terutama di daerah pelosok jawa tengah dan jawa timur. Namun karena memang sedikit merepotkan, maka tradisi leluhur ini sudah mulai ditinggalkan.

Resep kue apem kukus mekar ini termasuk dalam kategori resep kue basah yang cara pengolahannya dengan cara di kukus. Kue apem ini oleh sebagian masyarakat juga dinamai sebagai kue apem bunga mawar atau juga kue apem mekar sari. Tentunya bunda bunda maupun remaja putri sudah pernah merasakan kelezatan kue apem kukus ini. Dari tampilannya saja sudah cukup menarik perhatian karena tersedia dalam beberapa warna menarik.

Kue apem kukus mekar warna warni ini biasanya di jual di pasar pasar tradisional atau juga di warung warung. Bahkan di beberapa pasar yang dikelola secara modern kadang juga ada. Kalau soal harganya lumayan murah yakni sekitar 1000 rupiah per kue. Kue apem kukus juga kadang nongol pada acara acara hajatan, seperti pesta pernikahan atau saat ada selamatan keluarga. Demikian juga dengan resep kue bolu yang juga mesti dipelajari cara membuatnya.

Nah bagi yang belum paham cara membuat kue apem kukus mekar ini, tentunya bisa mulai belajar cara membuat kue apem kukus mekar yang admin pandu secara lengkap setahap demi setahap. Dengan mempelajari dan mencoba membuat kue apem warna warni ini tentunya sangat berguna saat ada acara selamatan di rumah atau di lingkungan bunda sendiri. kan malu kalau belum bisa membuatnya.

Harga Terjangkau

Bunda dan sis cantik tidak perlu takut gagal atau harus menyiapkan dana yang besar, sebab bahan bahan yang digunakan untuk membuat kue apem mekar sari ini sangat sederhana, mudah didapat, dan juga harga bahan bahannya murah murah. Sehingga tidak akan mengganggu dana bulanan dapur. Peralatan yang digunakan juga sangat sederhana dan tentunya bunda sudah memilikinya yakni langseng untuk mengukus dan juga cetakan kue.

Namun sebelum mencoba membuatnya, yuk lengkapi dahulu bahan bahan yang diperlukan. Bunda bisa membelinya di warung dekat rumah atau sekalian di pasar tradisional, bahkan di supermarket juga ada. Kalau ingin kue apem warna warni, jangan lupa untuk menggunakan bahan pewarna makanan yang biasanya ada di toko khusus peralatan dan bahan kue.

Resep cara membuat kue apem jawa kukus mekar
Bahan kue apem kukus mekar

  • ± 500 gram tepung beras.
  • ± 450 ml santan kelapa dari 1 butir kelapa tua.
  • ± 250 gram gula pasir.
  • ± 1 sendok makan ragi instan.
  • Garam secukupnya ( ½ sendok makan ).
  • 5 lembar daun pandan.
  • Vanili secukupnya.
  • Air matang hangat.
  • Beberapa tetes pewarna makanan, bisa disesuaikan dengan selera.
Untuk penggunaan gula pasir, garam, maupun pewarna makanan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan selera. Setelah semua bahan bahannya terkumpul. Dan jangan lupa siapkan juga semua peralatan yang digunakan, seperti : langseng ( dandang ), beberapa wadah, cetakan kue, dan peralatan tambahan lainnya.

Petunjuk lengkap cara membuat kue apem kukus warna warni

  • Langkah pertama rebus air santan bersama ( daun pandan, vanili dan garam ), gunakan nyala kompor kecil hingga sedang dan jaga jangan sampai santan pecah.
  • Larutkan gula pasir dan ragi instan dalam satu helas air hangat.
  • Sekarang siapkan wadah dan campurkan air santan dan air gula, aduk aduk hingga bercampur.
  • Selanjutnya masukkan tepung beras sedikit demi sedikit sambil aduk perlahan hingga menjadi adonan yang merata. Soal keenceran adonan kue apem sedikit kental.
  • Pisahkan adonan dalam beberapa wadah dan sesuaikan dengan jumlah warna makanan yang tersedia.
  • Diamkan dahulu dan tutup hingga 1 sampai 2 jam.
  • Siapkan langseng atau dandang dan beri air secukupnya. Dan tunggu hingga air dalam langseng mendidih.
  • Sementara menunggu tuang adonan ke dalam cetakan kue secukupnya ( jangan terlalu penuh ).
  • Sekarang kukus hingga matang ( sekitar 15 menit hingga 20 menit ).
  • Kue apem kukus mekar warna warni siap dihidangkan.
Wah ternyata cukup mudah cara membuat kue apem kukus mekar ini bunda. Selama kita mau belajar dan belajar tentunya tidak ada yang sulit dalam pembuatan kue apapun. Para bunda di indonesia cukup banyak memiliki resep resep kue yang enak enak.