Resep kue kacang spesial lebaran

Resep kue kacang spesial lebaran-

Kue kacang salah satu sajian spesial lebaran, banyak variasinya sehingga sangat menggoda, namun resep kue kacang tetap sama, hanya berbeda cetakannya saja. Cara membuat kue kacang ternyata mudah dan gampang. Dengan mengkikuti petunjuknya secara lengkap, tentu anda bisa membuatnya sendiri, meskipun belum mempunyai pengalaman dalam membuat kue. Resep kue kacang ini admin tulis dengan sangat jelas dan berurutan, sehingga akan memudahkan anda, terutama bagi yang baru belajar membuat kue. Setelah mempersiapkan peralatan dan bahn bahnnya. Yuk ikuti petunjuk lengkap resep cara membuat kue kacang berbagai variasi.

Saat lebaran tiba biasanya cukup banyak kue kue yang di tawarkan, dan salah satunya adalah kue kacang yang biasanya ditawarkan dengan berbagai macam model, ada yang polos dan ada juga yang di hias dengan taburan wijen. Bentuk dan model kue kacang juga macam macan, seperti bulat, bulan sabit, love, model hati, dan lainnya.

Biasanya sajian spesial lebaran di meriahkan oleh berbagai macam kue, baik kue tradisional seperti kue semprong, maupun berbagai jenis kue modern yang enak enak, namun kadang juga ada kue donat. Dan ada satu sajian spesial lebarang yang sangat istimewa, apalagi kalau bukan tape ketan hitam yang manis dan sedikit panas. Pokoknya buat suasana lebaran sangat meriah dengan hadirnya berbagai kue kue spesial buatan sendiri. kenapa harus beli jika bunda dan sis bisa membuatnya sendiri. hal ini juga ada sisi baiknya sambil mengajari puteri anda dalam hal membuat kue kue tradisional dan kue lebaran.

Kalau harus membeli semua sih tentunya membutuhkan biaya cukup besar, paling tidak kue kue sederhana semacam kue kacang bisa membuatnya sendiri lho. Jangan kuatir, dengan petunjuk lengkap dan setahap demi setahap tentu lebih mudah dipahami. Yuk mulai tulis resep kue kacang dan saat ada waktu senggang belajar membuat kue kacang untuk spesial lebaran atau bisa di makan saat santai di rumah.

Namun sebelumnya sediakan dahulu bahan bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Dengan demikian lebih mempermudah kerja anda nantinya. Nah saat anda sudah mahir membuat kue kacang ini, ternyata ada untungnya juga lho, kan bisa di jual ke tetangga atau ke temen kantor, wah lumayan buat tambah income. Yup sekarang mulai ke intinya.

kue kacang

Peralatan yang digunakan

  • Sediakan cetakan kuenya, cetakannya biasanya terbuat dari plat stenlees tipis dengan bentuk macam macam.
  • Loyang alumunium untuk panggangan.
  • botol bekas yang bersih.
  • Oven
  • Dan peralatan lain yang dibutuhkan, seperti wadah plastik.

Bahan bahan kue kacang

  • Sediakan tepung terigu sekitar 250 gram, baik digunakan tepung yang berprotein sedang.
  • Jangan lupa ambil 125 gram gula pasir.
  • Beli juga kacang tanah yang sudah dikupas untuk memudahkan kerja anda, sediakan paling tidak 125 gram.
  • Untuk hiasan biasanya menggunakan biji wijen, secukupnya aja.
  • Jangan lupa garam sekitar ½ sendok teh aja.
  • Telur ayam 1 butir untuk polesan sebelum masuk ke oven.
  • Minyak goreng atau bisa juga mentega secukupnya untuk olesan.

Nah setelah semua bahan bahannya terkumpul, yuk mulai belajar membuat kue kacang. Untuk sementara cukup sedikit aja ya, anggap aja untuk tahap belajar. nanti kalau sudah mahir bisa lho langsung banyak.

Cara membuat kue kacang

  1. Hal pertama yang anda lakukan adalah sangrai kacang tanah, kemudian sekalian tumbuk hingga halus dan tempatkan pada wadah plastik.
  2. Ambil wadah plastik ukuran sedang dan masukan ( tepung terigu + gula pasir + garam ), kemudian aduk aduk hingga rata.
  3. Selanjutnya masukkan kacang tanah yang telah dihaluskan tadi, aduk aduk kembali.
  4. Tambahkan sedikit minyak goreng, aduk aduk ( bisa menggunakan tangan yang bersih ), jika adonan belum pulen bisa tambahkan sedikit lagi minyak goreng.
  5. Nah sekarang letakkan adonan di tempat yang datar dan bersih ( bisa juga menggunakan plastik ), kemudian ratakan dengan botol dengan ketebalan sesuai dengan tebal cetakan yang anda gunakan.
  6. Lalu cetak dah dengan berbagai macam bentuk cetakan. Cara mencetaknya cukup mudah kok. Taruh cetakan diatasnya kemudian pencet kebawah.
  7. Kemudian taruh di atas loyang yang sebelumnya telah diolesi dengan minyak goreng / mentega.
  8. Jangan lupa bagian atasnya olesi dengan kuning telur ( gunakan kuas yang bersih ), kemudian taruh / sebarkan biji wijen di atasnya.
  9. Langkah terakhir masukkan loyang dalam oven dengan suhu sekitar 150°c selama ± 30 menit.
  10. Angkat dan dinginkan.

Nah mudah kan cara membuat kue kacang yang sering nongol saat lebaran ini. Sekarang kue kacang spesial lebaran sudah siap di nikmati. Sukses, belajar lagi dengan resep kue pukis.