Resep cara membuat kue pisang nagasari pisang kepok

Resep cara membuat kue pisang nagasari pisang kepok-

Resep kue basah kali ini yakni cara membuat kue nagasari tepung beras isi pisang. Resep kue tradisional jawa ini dibungkus dengan daun pisang. Isinya potongan pisang kepok sehingga lebih nikmat saat digigit. Kue nagasari banyak di temukan saat ada selamatan atau suguhan waktu pesta pernikahan. Kue tradisional ini juga banyak di jual di pasar pasar tradisional. Tampilannya sungguh sederhana karena hanya di bungkus dengan daun pisang. Jajanan yang termasuk dalam resep kue tradisional indonesia ini harganya cukup[ murah. Resep kue nagasari merupakan resep jajanan peninggalan leluhur dan kita mesti menjaganya dengan baik.

Kue nagasari merupakan resep kue kukus yang mudah cara membuatnya dan lumayan enak. namun saat dipegang sedikit lengket karena bisanya di campur dengan sagu. Resep kue nagasari asli hanya menggunakan tepung beras sebagai bahan utamanya dengan tambahan santan kental dan beberapa bahan lainnya. Untuk bahan isinya yakni potong pisang. Pada resep kue nagasari kali ini saya memilih pisang kepok untuk bahan isian. Sebenarnya jenis pisang apa aja juga boleh, jadi terserah anda saja, seperti pisang kepok, pisang uli, pisang nangka, pisang tanduk, dan jenis pisang lainnya.

Seperti resep kue tradisional jawa lainnya, cara membuat kue nagasari mudah dan gampang, bahkan tidak memerlukan trik trik khusus cara membuat kue seperti pada resep kue bolu yang memerlukan sedikit pengalaman. Resep kue nagasari mudah membuatnya dan enak rasanya. Namun karena sebagian bahannya menggunakan santan kelapa, maka tentunya kue nagasari ini tidak dapat bertahan lama, paling hanya sehari seperti pada kue kue tradisional lainnya. Hal demikian merupakan salah satu kelebihan kue tradisional karena tanpa menggunakan bahan pengawet sama sekali, tidak seperti pada resep kue kue modern.

Sebelum membuat kue nagasari isi pisang kepok ini, ada baiknya mempersiapkan bahan bahannya dan semua peralatan yang dibutuhkan. Bahan utama kue nagasari yakni tepung beras, santan kelapa, dan pisang kepok untuk isinya serta bahan bahan pendukung lainnya. Peralatan yang dibutuhkan tidak banyak kok hanya langseng untuk mengukus. Dengan demikian kue nagasari juga termasuk resep kue kukus yang enak lho. tentunya berbeda dengan resep kue pukis yang dimatangkan dengan olesan minyak sayur.

Bahan bahan kue nagasari

  • Siapkan tepung beras kualitas bagus sekitar 250 gram dan pastikan tepung berasnya masih bagus supaya cita rasa kue nagasari tidak bau apek.
  • Gunakan 1 butir kelapa tua dan buat santan sekitar 750 ml atau sekitar 3½ gelas.
  • Sebagai pemanisnya siapkan gula pasir sekitar 250 gram. Bunda sih dapat menambah atau menguranginya, sesuai selera aja.
  • Sebagai bahan isi gunakan 5 buah pisang kepok atau secukupnya dah dan potong potong sesuai ukuran kue nagasari nantinya.
  • Untuk menambah aroma bunda dapat memasukkan beberapa helai daun pandan ( 4 hingga 5 lembar ), potong potong supaya tidak kepanjangan.
  • Gunakan vanili bubuk sebanyak ± ¼ sendok teh supaya tambah harum nanti kue nagasari buntik.
  • Jangan lupa tambahkan sedikit garam halus, paling tidak sekitar ± ½ sendok teh. Garam berguna sebagai penyempurna rasa makanan.
  • Jangan lupa siapkan daun pisang secukupnya. Akan lebih bagus jika menggunakan daun pisang batu. Atau kalau tidak ada dengan daun pisang apa aja dan pilih yang masih muda.
kue pisang nagasari
kue pisang nagasari

Cara membuat kue nagasari isi pisang

  • Kupas pisang kepok dan potong potong sesuai selera, biasanya sih potong serong dengan ketebalan sekitar 1 cm.
  • Gunakan panci dan sesuaikan dengan banyaknya adonan.
  • Masukkan beberapa bahan ( santan kelapa + gula pasir+ daun pandan + vanili+ garam ) dan aduk aduk hingga semua bahan bercampur rata dan pastikan tidak ada bahan yang belum larut.
  • Tambahkan tepung beras sedikit demi sedikit sambil di aduk aduk.
  • Masak adonan dengan nyala api sedang. jangan lupa ya sambil di aduk aduk terus hingga adonan kue nagasari mengental dan lengket.
  • Diamkan sebentar, setelah hangat bunda dapat membungkusnya.
  • Cara membungkusnya mudah kok. Ambil selembar daun pisang dan taruh sekitar 2 sendok makan, tambahkan 1 potong pisang kepok. kemudian bungkus dengan bentuk persegi empat.
  • Setelah semua adonan di bungkus daun pisang, sekarang saatnya mengukusnya.
  • Kukus dengan langseng paling tidak 20 menit. tanda kalau kue nagasari isi pisang kepok ini matang yakni daun pisang warnanya berubah menjadi hijau tua.
  • Setelah matang maka kue nagasari isi pisang kepok siap untuk dihidangkan dan dinikmati.

Kue nagasari rasanya manis, lembut, dan enak. Bisa saja bunda menciptakan kreasi baru kue nagasari dengan warna yang berbeda. Namun kue nagasari asli warna alami tepung beras yakni putih yang di dalamnya ada potong pisang.

Demikian bunda, bro, dan sis cantik cara membuat kue nagasari isi pisang kepok. Banyak keuntungan lho belajar memuat kue nagasari ini, sehingga saat bunda bunda membantu tetangga yang punya hajat bisa membantu membuatnya, yah paling tidak bisa membungkusnya. Selamat mencoba resep kue nagasari pisang kepok dan semoga sukses. Ada baiknya juga belajar cara memasak beras ketan supaya matang dan pulen.