Nih cara mudah membuat kue cucur warna warni

Nih cara mudah membuat kue cucur warna warni-

Kue cucur merupakan resep kue tradisional yang enak, murah, dan mudah cara membuatnya. Resep kue cucur sederhana dan mudah cara membuatnya. Kue cucur warna warni mempunyai tampilan lebih menarik sehingga merangsang untuk mencobanya. Kue cucur banyak ditemukan di pasar pasar tradisional dan biasanya di jual pada pagi hari hingga siang hari.

Bahan bahan yang digunakan cukup sederhana dan mudah dibeli di warung. Yuk mulai belajar cara membuat kue cucur warna warni. Nih bunda dan sis sekalian cara mudah dalam membuat kue cucur dengan tampilan warna warni. Ikuti petunjuknya secara lengkap ya. Kue cucur termasuk dalam jajanan tradisional yang mempunyai rasa manis dan harum seperti halnya kue lapis legit.

Kue yang tampilannya bulat dengan corak kembang dibagian pinggirnya ini banyak di jual di pasar pasar tradisional maupun di warung warung kecil dengan harga cukup murah. Namun demikian tetap lebih enak jika anda bisa membuatnya sendiri. Resep kue basah tradisional dengan nama kue cucur ini hanya menggunakan beberapa bahan sederhana seperti tepung beras dan gula merah sebagai bahan utamanya.

Resep asli kue cucur menggunakan pemanis dengan gula merah atau gula jawa. namun supaya tidak mudah bosan dan supaya tampilannya lebih menarik, maka sekarang sudah banyak kue cucur warna warni seperti kue cucur hijau, coklat, pink, dan  warna warna menarik lainnya. Namun ingat selalu gunakan pewarna khusus makanan yang banyak di jual di toko bahan bahan kue, jangan membeli dan menggunakan pewarna secara sembarangan.

Resep cara membuat kue cucur dapat dibilang sederhana dan mudah, bunda dan sis hanya mempersiapkan bahan bahan yang dibutuhkan dengan sejumlah peralatannya seperti penggorengan dan peralatan pelengkap lainnya, seperti wadah wadah untuk tempat adonan dan bahan bahan. Pokoknya siapkan peralatan dan bahan secara lengkap supaya lebih mudah kerja anda nanti.

kue cucur warna warni

Meskipun harga kue cucur sangat murah, namun ada baiknya anda sebagai wanita sekali waktu mencoba untuk membuat kue cucur warna warni ini sendiri. Selain menyenangkan karena hasil tangan sendiri juga menambah keahlian dalam pembuatan kue kue tradisional. Hal mana pada nantinya akan dibutuhkan, seperti pada saat hajatan atau selamatan. Bahkan bisa juga dijual untuk membantu penghasilan keluarga. Seperti mereka yang telah berhasil dengan kue onde onde ketawa yang cukup laris di pasaran.

Yuk bunda dan remaja putri semuanya mencoba membuat kue cucur warna warni yang termasuk dalam jajanan pasar yang harganya murah ini. Tidak sulit lho, namun yang penting anda menambah kepandaian dalam pembuatan kue kue rumahan yang sederhana. kalau bunda bunda bisa dan pandai membuat kue kue meskipun sederhana tentu tidak ketinggalan sama yang lainnya.

Sebelum mulai dalam membuat kue cucur warna warni, sebaiknya mempersiapkan peralatan dan bahan bahan yang dibutuhkan. Peralatan dalam membuat kue cucur, seperti : kompor, penggorengan ( wajan ), beberapa wadah plastik, penusuk ( lidi ), dan lainnya yang ungkin nanti diperlukan.

Resep cara membuat kue cucur warna warni sederhana

Bahan bahan :

  • Siapkan tepung beras kualitas bagus sebanyak ± 300 gram. Namun sebelumnya teliti tepung berasnya jangan sampai menggunakan tepung yang sudah lama.
  • Sediakan juga untuk campuran yakni tepung terigu kira kira 30 gram.
  • Jika bunda akan membuat kue cucur tradisional bisa menggunakan gula merah sebaiknya 150 gram, biar lebih enak sebaiknya gunakan gula aren.
  • Bisa juga di tambah dengan gula pasir sebanyak 100 gram. Sebab gula merah kurang dapat memberikan rasa manis yang cukup kuat, sehingga perlu dicampur dengan gula pasir.
  • Bisa juga di tambahkan daun pandan paling tidak 3 hingga 4 lembar.
  • Jangan lupa sediakan juga air bersih secukupnya.
  • Perlu juga ditambahkan garam sedikit ( ± ½ sendok teh ) untuk menyempurnakan rasa kue cucur.
  • Dan minyak goreng secukupnya.

Nah bagi bunda bunda yang ingin membuat kue cucur warna warni, sebaiknya gula merah diganti dengan gula pasir secukupnya. Dan sediakan pewarna makanan sesuai dengan warna yang anda inginkan.

Nah sekarang semua bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue cucur telah lengkap. yuk selanjutnya mulai membuat kue cucur sederhana dengan tampilan warna warni.

Cara mudah membuat kue cucur

cara menggoreng kue cucur

  • Ambil wadah secukupnya dan campurkan tepung beras dan tepung terigu. Kemudian saring dengan saringan santan ke dalam wadah plastik yang lain.
  • Ambil panci ukuran sedang dan masukkan air secukupnya, masukkan juga gula pasir, garam, daun pandan, dan gula merah ( jangan gunakan jika anda ingin membuat kue cucur warna warni dan ganti dengan gula pasir ). Kemudian didihkan dengan nyala api sedang sambil diaduk aduk. Setelah semua bercampur dan tidak ada gumpalan, lalu angkat dan dinginkan.
  • Selanjutnya tuang air gula dalam tepung ( tepung beras dan tepung terigu ) sambil di aduk aduk secara perlahan. Air gula jangan langsung di tuang semua, melainkan sedikit demi sedikit hingga diperoleh adonan yang sesuai.
  • Adonan kue cucur ini encer namun sedikit kental ya.
  • Sampai di sini adonan kue cucur anda telah siap untuk menuju ke tahap penggorengan. Jika ingin membuat kue cucur warna warni, maka pisahkan dalam beberapa tempat dan tuang beberapa tetes pewarna makanan.

Petunjuk cara menggoreng kue cucur

  • Nah sekarang letakkan penggorengan di atas kompor dengan nyala api kecil sedang.
  • Tuang minyak goreng sedikit dan jangan terlalu banyak, sebab dalam menggoreng kue cucur ini satu demi satu.
  • Saat memasukkan adonan kue cucur dalam minyak panas sebaiknya gunakan sendok sayur yang bentuknya cekung, sehingga besarnya kue cucur anda seragam dan sama.
  • Kadang pula kue ini sering mentah di bagian tengahnya, untuk itu disarankan dengan api kecil. Untuk memastikan kematangan bagian dalamnya bisa ditusuk dengan lidi.
  • Ulangi hingga semua adonan selesai digoreng semua.
  • Kue cucur warna warni siap di nikmati dan dicicipi.

Cukup sekian dulu bro, bunda, sis, dan remaja putri sekalian cara membuat kue cucur sederhana maupun kue cucur warna warni. Ada baiknya juga belajar membuat kue bolu kukus mekar pelangi lembut sederhana