Jagung Bakar Yang Enak Beserta Cara Membuatnya


Ada beberap tips yang belum banyak diketahui orang kebanyakan mengenai cara membuat jagung bakar yang enak, lembut dan manis. Berikut adalah beberapa tipsnya:

RESEP MEMBUAT JAGUNG BAKAR YANG ENAK :
  1.  Pilih jagung yang tidak terlalu muda atau terlalu tua. Jagung yang sudah tua akan keras dan tidak enak. Sedangkan yang terlalu muda, ukran biji jagung masih terlalu kecil dan rasanya belum keluar.
  2. Pilih jagung yang kulitnya masih hijau, segar dan tidak kering. Ini artinya jagung masih segar dan belum lama dipanen. Jagung yang sudah lama sejak dipanen kulitnya mulai keriput dan biji jagungnya mulai kempis. Jagung yang bagus umurnya tidak lebih dari 3 hari sejak dipanen.
  3. Bila memungkinkan, belilah jagung manis. jagung ini lebih manis dan lebih enak dibanding jagung biasa.
  4. Tips ke empat ini yang paling penting.
    Rendamlah jagung dengan susu sebelum dibakar. Rendam jagung di dalam susu cair selama 30 menit, maka jagung bakar akan terasa lebih gurih dan creamy ketika dimakan. Jagung juga akan terasa lebih manis karena susu akan membantu membuka pori-pori jagung. Perendaman jangan terlalu lama supaya rasa dan aroma jagung tidak berubah. Susu yang digunakan sebaiknya susu cair, bukan susu kental manis. Tips perandaman ini berasal dari Chef Vindex Tengker, Executive Chef Dharmawangsa Hotel.
  5. Setelah direndam, tiriskan jagung dari cairan susu yang berlebih. kemudian olesi jagung dengan margarin atau minyak zaitun.
  6. Bakar jagung di atas bara, jangan di atas api yang menyala karena jagung akan cepat gosong.
  7. Sambil dibakar, olesi jagung dengan saus. Sausnya berusa margarin/butter yang dilelehkan, saus tomat, saus sambal dan madu. Takarannya silahkan disesuaikan dengan selera. Oleskan saus secara bertahap hingga matang. Setelah jagung matang, siram dengan susu kental manis dan taburan keju parut.

Selesai! saya doakan mudah-mudahan acara malam tahun barunya sukses dan selamat buat semuanya :)